Korupsi Masa Muda

Menyaksikan berita korupsi memang bikin nyesek. Banyak banget orang yang dengan mudah melakukan kemaksiatan korupsi. Seolah mereka tidak pernah dididik oleh orangtua mereka menjadi pribadi yang amanah. Bisa jadi kalau 100 ribu masih amanah, tetapi kalau sudah pegang uang 100 juta, amanahnya hilang deh.

Tapi tanpa kita sadari, bisa saja kita melakukan kesalahan yang sama. Kita melakukan korupsi di masa muda kita. Bukan korupsi uang, tetapi korupsi waktu muda yang sangat berharga. Masa muda dibuang buang percuma. Tak ada yang menarik di dalam hidupnya. Kalau tidak mainan ya tiduran.

Pilihan aktivitas banyak di depan mata. Tetapi sayang tidak ada kemauan untuk memilihnya. Kenapa? Salah satu alasannya tidak ada temannya. Pengen memilih mengaji di masjid, tahsin atau tajwid. Tetapi karena tidak ada temannya, maka majelis ngaji pun tak jadi diselenggarakan. Sepi.

Rasulullah bersabda, “Manfaatkan lima perkara sebelum lima perkara : Waktu mudamu sebelum datang waktu tuamu, waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu, masa kayamu sebelum datang masa kefakiranmu, masa luangmu sebelum datang masa sibukmu, hidupmu sebelum datang kematianmu.” (HR. Al Hakim dalam Al Mustadroknya, dikatakan oleh Adz Dzahabiy dalam At Talkhish berdasarkan syarat Bukhari-Muslim. Hadits ini dikatakan shohih oleh Syaikh Al Albani dalam Al Jami’ Ash Shogir)

Mumpung masih muda, lakukan yang baik baik saja. Terlalu banyak sajian di depan mata soal informasi dan teknologi. Tidak semuanya kita konsumsi. Sebab banyakan informasi hanya menjadi sampah saja di benak kita. Pilih yang sehat, sehingga masa muda kita benar benar bermanfaat.

Silakan sukai dan bagikan:

Burhan Sodiq

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *