Jika Anda Grogi

Oleh Burhan Sodiq

Mengisi pengajian nampaknya memang hanya sesuatu yang sederhana. Anda tinggal duduk dan kemudian Anda mulai bicara dari salam hingga salam kembali. Tetapi sebenarnya ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan ketika anda ingin mengisi sebuah materi pengajian.

Pertama usahakan Anda datang duluan daripada jamaah sehingga Anda bisa menguasai atmosfer yang ada di sekitar Anda. Karena ketika Anda datang setelah jamaah datang maka rasa deg-degan rasa khawatir rasa takut dan lain sebagainya akan menyergap diri Anda secara pelan-pelan. Akan tetapi jika anda sudah datang dahulu daripada para jamaah Anda akan merasa nyaman merasa diterima dan merasa tenang ketika melihat jamaah datang perlahan-perlahan.

Kemudian yang kedua yang harus Anda persiapkan adalah materi. Jika Anda memang belum menguasai sepenuhnya Anda boleh membawa laptop atau Anda boleh membawa catatan kecil. Atau Anda boleh membawa hp jika misalnya Anda tidak paham dalil atau mungkin anda tidak hafal dalilnya atau Anda membutuhkan membacanya di depan jamaah anda. Jangan sampai kemudian Anda tidak hafal materi tapi anda tidak membawa apa-apa di depan jamaah. Yang ada adalah kebiasaan yang terjadi anda akan blank kehilangan Gagasan dan ide dan kemudian merasa panik merasa kehilangan materi dan bingung ingin menyampaikan apa.

Ketiga Nikmatilah setiap menit kebersamaan anda bersama dengan hadirin. Jangan fokus kepada hadirin yang mungkin tidak memperhatikan Anda. Karena dari sekian banyak hadirin bisa jadi ada orang yang sama sekali tidak mau memperhatikan Anda dan dia sibuk dengan dirinya sendiri. Ada mungkin yang ngantuk ada mungkin yang tidur bahkan dan ada mungkin yang tidak peduli dengan apa yang anda sampaikan. Jangan terlalu risau jangan terlalu dipikirkan fokuslah kepada orang-orang yang menyimak anda dengan baik.

Lalu kemudian selanjutnya perhatikan soal intonasi jangan terlalu cepat jika audience Anda adalah bapak-bapak atau ibu-ibu. Pelan-pelan saja nikmati setiap Apa yang anda sampaikan hayati kalau perlu elaborasi setiap materi yang anda sampaikan dengan baik. Jangan tergesa-gesa ingin menyudahi sebuah materi. Santai saja semua akan baik-baik saja. Lalu kemudian ketika anda mendapati dari Jamaah itu anak-anak yang ramai Anda bisa berhenti ketika anak-anak itu ramai. Dan meminta kepada para jamaah untuk mengkondisikan dengan kalimat misalnya Mohon maaf Bapak Ibu mungkin anak-anak bisa dikondisikan dahulu dan lain sebagainya.

Kemudian tips berikutnya usahakan ketika snack atau mungkin hidangan dibagikan Anda juga bisa memberikan waktu kepada mereka untuk membagikan snack tersebut. Jangan kemudian Anda melawan dengan tetap berbicara meskipun snacknya dibagikan anda akan kehilangan konsentrasi dan jemaah sibuk sendiri dengan snack-snack yang dibagi tersebut. Demikian sedikit motivasi dan juga tips-tips yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat untuk teman-teman semua selamat berdakwah semoga sukses.

Burhan Sodiq

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *